Rabu, 02 Maret 2011

Film-film Horror Jepang

Sejarah
Film horor yang pertama dibuat oleh Jepang adalah Bake Jizo yang berarti Setan Jizo dan Shinin no Sosei yang berarti Kebangkitan Mayat.
Kedua film horor Jepang ini dibuat pada tahun 1898 dan tidak bisu, karena saat pemutaran film selalu disertai narator atau benshi yang bertugas melisankan jalan cerita film tersebut.

Film horor Jepang mulai banyak perhatian byk negara, yg sebelumnya hanya di asia, tapi skrg merambah amerika dan eropa, yaitu sejak munculnya film Ringu (1998) dimana film tersebut sukses besar di jepang. setelah itu film2 horor jepang lainnya bermunculan, seperti ju on, tomie, dll. Banyak film horor Jepang yang kemudian dibuat versi baratnya.

Film horor Jepang memang dinilai memiliki keunikan lain yang cukup mengerikan.
Bila biasanya terdapat adegan-adegan atau permainan backsound yang mengejutkan sebagai andalan film horor, hal ini kadang tidak ditemukan di film horor Jepang. Tapi uniknya, atmosfir keseramannya dan kengerian tetap terasa.

Berikut film2 horor Jepang yg menurutku wajib di tonton:
1 Ringu 
-Ringu (1998)
Film ini merupakan adaptasi dari novel dgn judul yg sama karya Koji Suzuki. Film ini disutradarai oleh Hideo Nakata dan menjadi film horor berpenghasilan terbesar di Jepang. 
Film ini bercerita ttg kutukan terhadap siapa saja yg menonton video(yg mengandung kutukan) tsb, dimana dalam seminggu, orang yg menonton video tsb akan mati, dan biasanya diawali dgn bunyi telepon yg ketika kita angkat, tidak ada jawaban dari si penelepon (ketika sehabis nonton video tsb), serta bunyi telepon seminggu setelah nonton video tsb. 
Caratan:
-Tokoh Sadako dlm film ini menjadi salah satu tokoh hantu yg paling populer.
-Film ini sebenarnya di bikin 2 seri sekaligus, yaitu Ringu dan Rasen aka Spiral (sekuelnya) namun dgn produksi yg terpisah serta kru yg berbeda. Ringu sukses besar sementara Rasen malah gagal di pasaran. Hideo Nakata membuat sekuelnya yg berjudul Ringu 2 (1999). Film ini lebih di terima oleh penonton daripada film Rasen. Sehingga Rasen menjadi sekuel yg terlupakan, dan posisinya digantikan oleh Ringu 2. 
Norio Tsuruta membuat prekuelnya dgn judul Ringu 0: Bāsudei/Ringu 0: Birthday (2000). 
Pada tahun 2011 ini rencananya akan di rilis Ringu 3D.
Jauh sebelum Ringu pertama rilis, sebenarnya Novel Ringu ini sdh pernah diangkat ke layar lebar dgn judul Ring:Kanzenban (1995) meskipun tidak pernah di rilis dlm bentuk komersial. Film ini di rilis dlm format vhs dan laser disc serta di putar di TV Tokyo dgn judul Ringu. dan sempat di putar di TV Fuji dgn judul Ringu. Film ini mengandung byk unsur telanjangnya.
-Film Ringu kembali diangkat ke layar lebar dlm versi baratnya dgn judul The Ring (2002) dan The Ring 2 (2005).

2 Ju On
Ju On bercerita tentang kutukan dari hantu wanita dan anaknya yg penasaran karena dibunuh oleh suaminya karena cemburu. Konon jika seseorang mati dgn menyisakan dendam, maka kutukan pun lahir. Dalam film ini kutukan tersebut berlaku jika seseorang memasuki rumah terkutuk tsb dimana wanita dan anak tsb terbunuh, serta jika seseorang melakukan kontak dgn orang yg sudah terkena kutukan tsb. Kutukan tersebut berupa teror dari hantu tsb sampai menyebabkan kematian, dimana mayatnya mungkin tidak akan ditemukan. 

-Film ini awalnya dlm bentuk video langsung dgn anggaran rendah dgn judul Katasumi dan 4444444444 pada tahun 1998. Kemudian di ikuti oleh Ju On aka Ju On The Curse dan Ju On 2 aka ju On The Curse 2 pada tahun 2000. Kemudian Ju On The Grudge dan Ju On The Grudge 2 rilis di amerika dan inggris (masih versi jepang) pada tahun 2003. Ju-on: Shiroi Rōjo (The Grudge: Old Lady In White) dan Ju-on: Kuroi Shōjo (The Grudge: Girl In Black) rilis pada tahun 2009
-Film ini di remake dlm versi amerika dgn berjudul The Grudge (2004), The Grudge 2 (2006) dan The Grudge 3 (2009).

3 Tomie

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar