Jumat, 25 Maret 2011

Ultraman Series


Serial Ultraman adalah judul kolektif untuk semua serial tokusatsu produksi Tsuburaya Enterprise yang memunculkan berbagai jenis Ultraman. Pertama kali mengudara di stasiun televisi Jepang pada tahun 1966, serial Ultraman merupakan salah satu tokutsasu yang paling dikenal selain Serial Kamen Rider dan Serial Super Sentai.
Secara umum setiap tahunnya akan diproduksi serial Ultraman, namun terjadi kevakuman produksi yang cukup lama antara tahun 1982-1994 sehingga serial ini baru mencapai seri ke-16 (2007). Meski demikian, Ultraman tak hanya sekadar serial televisi, melainkan telah menjadi fenomena multimedia internasional dengan berbagai produk, seperti: anime, film, manga, pertunjukan aksi hidup di atas panggung, dan iklan.

Garis besar cerita
Periode produksi Ultraman dibagi dua, yaitu Periode Showa (sebelum tahun 1990) dan Periode Heisei (setelah tahun 1990). Pada Ultraman periode Showa, cerita antara Ultraman satu dengan yang lain di setiap serialnya berhubungan. Mereka diceritakan berasal dari planet yang sama. Sedangkan sejak Periode Heisei, cerita mulai berkembang dan lepas dari hubungan Ultraman sebelumnya. Dalam periode ini mulai dikenalkan warna kostum biru serta perubahan bentuk Ultraman, umumnya sampai 3 bentuk. Selain itu, Ultraman juga berasal dari planet yang berbeda-beda, kecuali serial Ultraman Mebius (2006) yang jalan ceritanya kembali ke periode Showa. Namun, secara garis besar, Ultraman produksi Showa maupun Heisei memiliki persamaan sebagai berikut:
  • Umumnya berwarna dasar dominan perak (abu-abu) serta corak merah. Dalam perkembangannya pada periode Heisei, Ultraman juga memiliki warna biru.
  • Memiliki sebuah color timer (life gauge/energy core) berwarna biru berbentuk bulat di tengah dada yang akan berkedip-kedip jika energi Ultraman telah habis. Umumnya Ultraman akan kehabisan energi setelah lewat 3 menit bertarung. Ultraseven tidak memiliki color timer, dan bentuk di Ultra N project adalah seperti huruf V memanjang ke samping.
  • Sebagai seorang pahlawan super, musuh Ultraman adalah monster bumi (kaijuu, sejenis Godzilla) dan makhluk luar angkasa. Monster yang kemunculannya menjadi langganan dalam serial Ultraman adalah Alien Baltan (tidak muncul dalam Ultraman Nexus). Ultraman juga mampu mengecilkan tubuhnya menjadi seukuran manusia untuk menghadapi musuh yang bukan raksasa.
  • Dapat mengeluarkan energi beam yang sangat kuat dengan menyilangkan kedua tangannya secara tegak lurus (jurus Spectrum Ray), beam ditembakkan dari lengan kiri yang vertikal. Meski memiliki banyak jurus lain dan berbeda antara Ultraman satu dengan yang lain, gerakan tadi selalu menjadi jurus pamungkas atau ciri khas dari setiap Ultraman.
  • Didukung oleh sebuah tim pelindung bumi yang dibentuk oleh sekelompok manusia yang memiliki senjata dan pesawat super canggih. Namun, biasanya teknologi ini tidak sampai mampu menghancurkan para monster raksasa selain Ultraman yang harus mengalahkannya.
  • Memiliki host ( atau menumpang dalam tubuh manusia bumi untuk dijadikan medium. Para host ini pasti adalah seseorang yang menjadi anggota tim tempur, kecuali Ultraman Mebius yang menyamar sebagai manusia. Khusus dalam serial Ultraman Nexus, manusia yang ditumpangi disebut dunamist, dan manusia yang menjadi dunamist belum tentu orang dari tim tempur. Inang berubah menjadi Ultraman dengan menggunakan sebuah benda yang menyinari tubuhnya dengan cara diacungkan ke atas. Ultrazeven berubah dengan menggunakan sejenis kacamata, dan Ultraman Jack berubah tanpa alat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar